DASAR PENGONTROLAN EKSITASI GENERATOR SINKRON

i. Dasar pemahaman arus lilitan medan terhadap magnetisasi kutub-kutub jangkar.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas perabaan kualitatif matematis akan pengaruh arus lilitan medan dc dan putaran armature/jangkar pada keluaran sebuah generator sinkron.

Sekarang mari kita cermati Gambar 1 untuk memahami logika “mengapa arus dc dapat mempengaruhi arus generator sinkron yang bersifat ac”.

Mari kita tinjau satu putaran pasangan kutub N-S pada rotor sebuah generator sinkron yang melintasi  satu datum permukaan stator seperti pada Gambar 1. Anggap sebelumnya permukaan kutub N belum melintasi permukaan stator sehingga tidak terjadi interaksi garis-gaya magnet antara jangkar dan stator. Keadaan ini menyebabkan fluks magnet yang terjadi antara jangkar dan stator bernilai 0, kemudian ketika jangkar digerakkan melintasi datum permukaan stator terjadilah garis gaya magnet yang menembus ke arah datum tersebut sehingga terjadi fluks positif antara datum permukaan stator dan permukaan jangkar sejauh 1800. Ketika setengah putaran pertama (00 -1800) telah terlewati maka fluks positif  menjadi 0 untuk setengah putaran berikutnya (1800 – 3600), pada kondisi ini permukaan kutub S dari jangkar mulai melintasi datum permukaan stator sehingga garis gaya magnet mengarah dari datum permukaan stator menembus permukaan kutub S sehingga terjadi fluks negatif antara datum permukaan stator dan permukaan kutub S. Lilitan medan yang dialiri arus dc akan membantu memperkuat fluks yang melintasi masing-masing permukaan kutub jika dialiri dengan arah arus dc yang tepat yaitu lilitan medan pada kutub N selalu dialiri arus yang lebih positif terhadap lilitan medan pada kutub S.

Fluks yang terjadi antara jangkar kutub N terhadap datum permukaan stator akan selalu membentuk ‘bukit’ dan fluks yang terjadi antara jangkar kutub S terhadap datum permukaan stator akan selalu membentuk ‘lembah’ oleh karena itu fluks rata-rata pada masing-masing permukaan jangkar selalu bersifat searah (direct); sebab itulah arus penguatan medan dc sangat berguna untuk menambah fluks magnet dari masing-masing kutub jangkar.

ii. Analisis fisis-matematis variabilitas fluks magnet pada generator sinkron.

Sub-artikel di atas menjelaskan bagaimana hubungan kualitatif arus penguatan medan dc terhadap fluks magnet yang terjadi pada sebuah generator sinkron, berikut ini saya mencoba menyajikan analisis fisis matematis dari superimpose antara fluks magnet natural dan fluks magnet hasil arus medan dc.

Gambar 2 merupakan rangkaian ekuivalen dari pengaruh arus lilitan medan terhadap eksitasi generator sinkron.

 

 

 

 

 

 

 

Pada artikel “Alternator” kita telah mengenal bahwa fluks yang dihasilkan oleh lilitan medan dc adalah (rm/N) idc maka:

dari perumusan ini kita akan mengetahui secara kualitatif bahwa:

  1. Fluks natural tidak dapat dikontrol secara langsung karena berasal dari sifat bawaan material jangkar.
  2. Fluks total dapat dikontrol dengan mengendalikan input resistor variabel pada lilitan medan untuk mengatur besaran arus dc yang dialirkan.

6 Comments

Filed under Uncategorized

6 responses to “DASAR PENGONTROLAN EKSITASI GENERATOR SINKRON

  1. pak, saya bisa minta referensinya?
    butuh untuk tugas akhir

  2. maksud saya yang tentang generator sinkron pak
    saya banyak mengutip dari tulisan yang bapak buat
    saya butuh referensinya

    • Buku referensinya saya ambil dari kedua buku itu:

      1. Pengantar Elektro Teknik, A.E Margunadi, Penerbit Dian Rakyat ( buku ini saya ambil untuk bagian pengontrolan eksitasi generator )

      2.Modern Power System Analysis, D P Kothari and I J Nagrath, 3rd Edition, Tata McGraw-Hill Publishing Company ( Chapter 8 ) – ini pengendalian overall mulai eksitasi generator hingga ke electrical network-nya

    • Di referensi kedua Bab 6 tentang Generator Sinkron dan Bab 7 tentang Generator Asinkron.

      Semoga membantu, dan jangan ragu-ragu bertanya, sebab kita semua belajar bersama-sama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s